Minggu, 13 Februari 2011

BATIK KHAS SMP NEGERI 1 BANYUPUTIH


SEJARAH BATIK SMP NEGERI 1 BANYUPUTIH


Mahmulah, S.Pd.
SMP Negeri 1 Banyuputih yang terletak di belahan timur kabupaten Situbondo tepatnya di Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih merupakan sekolah standart nasional (SSN) memiliki puluhan kegiatan ekstra kurikuler salah satunya adalah batik. Sekitar dua tahun yang lalu yaiu 2009, SMP Negeri 1 Banyuputih membuka ekstra kurikuler menjahit, ukir dan batik yang di kelola oleh guru seni rupa yaitu bu Mahmulah, S.Pd. lulusan IKIP Singaraja. Bu Mahmulah berasal dari keluarga pengrajin batik di kota Pekalongan.

Studi Banding Batik di Bali

Pada awal-awal ekstra batik dikenalkan batik tulis kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Banyuputih. Berjalan beberapa lama di Kabupaten ada lomba batik dan siswa-siswi SMP negeri 1 Banyuputih meraih juara I dan II. Berawal dari juara lomba batik di tingkat kabupaten SMPN 1 Banyuputih mengembangkan secara serius keterampilan batik, beberapa peralatan dan bahan dilengkapi bahkan siswa-siswi yang berprestasi diajak studi banding ke beberapa pengrajin batik di Banyuwangi dan Denpasar Bali.

Pada pertengahan tahun 2010 SMPN 1 Banyuputih resmi mendirikan sanggar batik yang diberi nama dengan "Sanggar Batik Luwes Asri".


MOTIF BATIK SMP NEGERI 1 BANYUPUTIH

Batik SMP Negeri 1 Banyuputih memiliki motif sebagai khas batik Situbondo yaitu motif kerang. Motif ini di ilhami oleh salah satu daerah wisata di kabupaten Situbondo yaitu Wisata Pantai Pasir Putih yang kaya dengan kerang.



Berikut adalah hasil karya siswa-siswa dalam membuat desain batik dengan motif kerang sebagai ciri khas batik Kabupaten Situbondo.

     

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar